hits counter

Perbedaan Kamera Pocket & D-SLR

azizhadi.com, Surabaya – Perbedaan kamera pocket dan D-SLR, tentu ada perbedaan yang nyata dari keluarga kamera fotografi tersebut.

Siapa sih yang tidak mengenal kamera pocket atau biasa yang disebut dengan kamera saku, iya, kamera pocket/saku ini adalah jenis kamera fotografi yang sangat mudah untuk dibawa kemana saja, ada dua jenis sebenarnya dalam kamera pocket yaitu Digital Pocket dan Film Pocket, nah pada digital kamera pocket mempunyai media penyimpanan yang sangat mudah sekali didapatkan, yaitu Micro SD, SD RAM atau biasa yg disebut dengan Memory Card, berbeda dengan jaman dahulu yang masih menggunakan film, sehingga kamera pocket jaman dahulu dengan sekarang mempunyai perbedaan yang sangat signifikan, contohnya saja dalam media penyimpanan dan transfer data. Namun kali ini saya tidak akan membahas seberapa dalam tentang perbedaan kamera digital pocket dan film pocket.

Keunggulan yang dimiliki oleh Kamera Digital Pocket, tentunya yang seperti saya bilang diatas tadi, yaitu mudah dibawa kemana saja, baik dibawa di kantong baju dan kantng celana, sehingga memungkinkan penggunanya untuk menggunakan dimana saja dan kapan saja, karena semuanya sudah disetting secara otomatis sehingga pengguna hanya merubah fungsi/mode dari kamera tersebut dan langsung bisa menggunakannya dalam kondisi cahaya apapun. Kemudian dengan lensa yaitu masih menggunkan jajaran lensa ganda, yaitu 1 untuk melewatkan berkas cahaya ke Viewfinder, dan jajaran lensa yang lain untuk melewatkan berkas cahaya ke Focal Plane. Sehingga mengakibatkan gambar yang dilihat di viewfinder berbeda dengan yang dihasilkan. Kemudian juga ada internal flash yang sudah terpasang, sehingga user bisa mengambil gambar dalam keadaan yang kurang cahaya sekalipun.

Itu adalah keunggulan yang dimiliki kamera digital pocket, namun untuk hasil yang profesional, kamera pocket belum memilikinya, karena settingan yang hampir semuanya dilakukan secara otomatis, sehingga kita hampir tidak bisa berkreasi segila mungkin dengan cahaya yang ada. Memang kamera ini diperuntunkan bagi mereka yang membutuhkan kecepatan dalam mengambil gambar dalam skala yg tidak terlalu besar, dan asalkan bisa mengabadikan foto.

Berbeda dengan kamera D-SLR ( Digital Single Lens Reflex ), adalah kamera yang menggunakan sistem jajaran lensa jalur tunggal untuk melewatkan berkas cahaya menuju ke dua tempat, yaitu Focal Plane dan Viewfinder, sehingga memungkinkan fotografer untuk dapat melihat objek melalui kamera yang sama persis seperti hasil fotonya.
Sebelum menjadi nama D-SLR, dulu nama D-SLR adalah SLR saja, karena masih sama dengan sejarah pocket, yaitu masih menggunakan film untuk media penyimpanannya.

Selanjutnya untuk tingkat pengaturan juga sedikit rumit, karena kamera D-SLR memang ditujukan kepada mereka yang profesional, sehingga kamera ini bisa mengatur sendiri, seberapa kuat cahaya yang masuk, kemudian kecepatan dari shutter dan bukaan Diafragma itu sendiri, sehingga memungkinkan penggunanya untuk berkreasi segila mungkin dengan cahaya yang ada. Namun bukan semuanya manual, ada juga sisi otomatisnya sebagai media untuk kecepatan dalam pengambilan gambar di moment tertentu.

Kemudian dengan keunggulan yang dimiliki, yaitu bisa merubah range dan kualitas lensa, maka kamera D-SLR bisa menghasilkan gambar yang memuaskan. Berbeda dengan Kamera Pocket Digital yang hanya menggunakan satu lensa dengan range yang sama, maka hasil apapun akan sama, yang membedakan tentunya angle dari user dalam pengambilan gambar. Flash dalam kamera D-SLR ada dua, yaitu Internal dan Eksternal, namun untuk kelas yang Top Profesional maka, flash pasti menggunakan Eksternal, karena Gain yang dihasilkan pasti lebih besar dan bisa lebih menyebar.

Sedikit penjelasan saya tentang perbedaan kamera pocket dan D-SLR, semoga bermanfaat ya kawan.


facebooktwittergoogle_plusmail

  17 comments for “Perbedaan Kamera Pocket & D-SLR

  1. azizhadi
    February 25, 2011 at 9:01 am

    Semoga bermanfaat :D

  2. February 25, 2011 at 10:06 am

    Weh iki mesti materi nang radio wingi yang di posting. Keren boss. Tulis teruss…

    • azizhadi
      February 25, 2011 at 10:37 am

      hehehe, terima kasih bos, ini suhunya kamera datang, semoga saja ada kritikan, hehe…

  3. February 25, 2011 at 3:31 pm

    mantaap…masi nabung beli flash eksternalnya si Anin nih..*eh

    • azizhadi
      February 25, 2011 at 4:49 pm

      hehehe, apa nih si anin ? ditunggu saja deh, kapan hunting bareng iki ? :D

  4. zee
    February 25, 2011 at 3:38 pm

    Saya pribadi cenderung lebih suka yg pocket ya, karena praktis dibawa-bawa. Asal pilih yg sudah punya nama, hasilnya juga gak kalah sih sama yg SLR. :)

    • azizhadi
      February 25, 2011 at 4:50 pm

      Betul sekali mbak zee, digital pocket jaman sekarang sudah hampir sama dengan D-SLR karena sudah dilengkapi dengan lensa yang mantap :D

  5. February 25, 2011 at 6:29 pm

    nice blog om kerennn abis ….

    • azizhadi
      February 26, 2011 at 1:06 am

      Terima kasih semoga bermanfaat ya :D

  6. February 26, 2011 at 1:05 am

    wah jadi tahu saya bedanya…. :D

    • azizhadi
      February 26, 2011 at 1:07 am

      Hehehe, mantaplah kalau begitu, terima kasih sudah berkungjung malam :D

  7. February 26, 2011 at 5:54 am

    newbie soal slr neh, beli juga belum lama, mohon bimbingannya… :)

    • azizhadi
      February 26, 2011 at 9:37 pm

      Hehehe, boleh-boleh saja, kalau bisa saya jawab maka akan saya jawab

  8. March 3, 2011 at 6:07 pm

    wah…mantabs ilmunya…
    thanks infonya

    • azizhadi
      March 4, 2011 at 8:41 pm

      Oke, sama-sama :mesem

  9. March 3, 2011 at 9:54 pm

    Hemm.. aku masih kepingin beli kamrea, tapi belum kesampaian..
    Rasanya kamera Poket juga udah mantap kok ya? Yaudah jadi gak usah maksain beli DSLR,, mahal! :D

    • azizhadi
      March 4, 2011 at 8:42 pm

      Hehehem kamera pocket itu kalau dimaksimalkan maka hasilnya bisa hampir menyamai kualitas dari D-SLR.

      selamat motret.. :cool

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *