hits counter

Tentang Sepeda Fixie

azizhadi.com, Surabaya – Sepeda Fixie sebenarnya berasal sepeda balap velodrome yang dimodifikasi sehingga bisa digunakan untuk melakukan trik atau atraksi. Sepeda Fixie menjadi fenomena dikalangan kawula muda saat ini, karena modelnya yang simple dan enak dipandang.

Konsep Sepeda Fixie yaitu ditujukan kepada kaum urban, Menurut, Marketing and Promotion Manager Rocket, Tendon Pramugiri, mengatakan bahwa fixie identik dengan lifestyle bicycle. “Sekitar 80% dari pengguna sepeda fixie bukanlah cyclist atau orang yang benar-benar gowes sebagai alat transportasi sehari-hari dan bukan atlit,” ujarnya.

Namun Sepeda Fixie berhasil menarik atmosfer kawula muda tentunya, sehingga Sepeda Fixie menjadi salah satu tren masa kini, yaitu berpergian dengan menggunakan sepeda. Namun yang saya sayangkan yaitu, seringnya mereka berpergian malam hari, tahu kan jeleknya udara malam hari.

Lalu, Apa bedanya dengan sepeda biasa ?
Keunikan dari Sepeda Fixie yaitu sepeda ini adalah sepeda yang mencerminkan anda, karena mulai dari setang, rem fixie, ban, velg, frame, semuanya anda yang menentukan, namun untuk urusan frame rata-rata menggunakan warna yang sesuka hati, yaitu dengan mencatnya sendiri dengan warna yang disukai. Yang paling nampak dari Sepeda Fixie ini yaitu bisa maju mundur sesuka hati, karena gigi belakang menggunakan fix gear atau gear tetap. Pastinya karena menganut model minimalis, maka Sepeda Fixie mempunyai berat yang sangat ringan antara 11 – 15kg.

Bagaimana mendapatkan/membikinnya ?
ada 2 cara :

Pertama, bisa langsung beli di counter-counter Sepeda, contohnya yang saya ketahui yaitu merk Polygon Fixie Zenith FX 2011, namun kisaran harganya masih tinggi yaitu 2,5 – 4 juta tergantung komponen dari sepeda tersebut.

Kedua, dengan cara merakitnya sendiri, namun cara ini sedikit repot dan memakan banyak waktu, yaitu membeli peralatan di Toko Sepeda yg menyediakan peralatan fixie, berhubung saya di Surabaya, saya akan memberikan sedikit referensi tentang toko sepeda fixie di Surabaya,
yaitu :
Koh achen – krukah timur X no 1,
Pak Sadi – daerah Gelora 10 November,
Pak Idil – Bratang,
Merapi – jl.petemon gg 4.

Informasi mengenai tempat pembikinan fixie ini, saya dapatkan dari seseorang teman saya yang penggila sepeda fixie, sebut saja ICANK, salah satu personil dari BIRDFIXEDGEAR | Komunitas Fixie Manukan – Surabaya.

Untuk komunitas induk dari Surabaya Fixie dapat langsung mengakses blognya di http://surabayafixedgear.blogspot.com/ – untuk informasi lebih lanjut tentang komunitas sepeda fixie yang ada di Surabaya tentunya.

Sekilas Info mengenai, Surabaya Fixed Gear :
Terbentuk April 2010, yang mempunyai visi dan misi yaitu menyatukan pengguna Sepeda Fixie diseluruh Surabaya dan sekitarnya, sehingga tercipta komunitas sepeda fixie yang peduli dengan lingkungan.
Kumpul :
– Hari Rabu, 19.00 WIB – KBS ( Kebun Binatang Surabaya )
– Hari Jum’at, 19.00 WIB – Glamrock Shop Surabaya
– Hari Minggu, 06.00 WIB – Di Depan Bank JATIM Taman Bungkul Surabaya
CP : +6285735535489 – Icank

Regard, Aziz Hadi

facebooktwittergoogle_plusmail

  55 comments for “Tentang Sepeda Fixie

  1. azizhadi
    February 28, 2011 at 4:25 pm

    Harapannya, semoga Komunitas Fixie ini bisa memberikan efek besar terhadap penghijauan.

    • oyek
      June 13, 2011 at 9:47 am

      mas yang toko pak sadi daerah gelota 10 november,sebelah mnanya ya????
      .kira2 klo ngerakit sendiri biaya smpai brpa?
      trim’s.. ;-)

    • Robby Soeharto
      June 14, 2011 at 11:46 am

      Bro.. boleh minta alamat2 komunitas . contact person komunitas fixie ga?

      Gw mau adain acara menarik nih… Gowes Magic “GO GIC”

      :D

      biar wa bisa rundingan sama mereka juga soal perencanaan dan ekseskusi acara..

      thx

    • willy
      July 9, 2011 at 9:58 am

      kalo gabung k komunitasnya gmna caranya mas . :cool:

  2. icank
    February 28, 2011 at 4:49 pm

    keep Go(W)eS

    • azizhadi
      February 28, 2011 at 4:58 pm

      wah, korda Surabaya Fixed Gear sudah mampir, hehe, terima kasih Om, silahkan menjadi Pengendara Sepeda yang baik, selamat menghijaukan Surabaya.

  3. March 1, 2011 at 12:08 am

    hmmmm.. jadi pengen punya… kira-kira ada yang mo ngasih ga ea…. ” mantappppp”

    • azizhadi
      March 1, 2011 at 1:37 pm

      Hehehe, kalau ada yang mau ngasih saya juga mau, hehe.. :D

  4. March 1, 2011 at 12:09 am

    sepeda fixie? hmm … di kendal kok belum begitu terdengar namanya, ya, mas. jadi pingin juga mencoba!

    • azizhadi
      March 1, 2011 at 1:38 pm

      Waw, bisa menjadi terobosan baru itu pak, semoga saja bisa menjadi suatu kegiatan yang positif dengan bersepda.

  5. March 3, 2011 at 5:15 pm

    lagi demam sepeda fixie,ya begini ini harusnya banyak anak muda menggunakan untuk hal2 positif dari pada hobi yang gak jelas….

    • azizhadi
      March 4, 2011 at 7:33 am

      Iya, lagi demam Spd. Fixie, namun sebenarnya saya tidak demam, saya lebih demam ke Mt. Bike, hehe..

      yah positifnya, semakin banyak pemuda yg mau menghijaukan kota yang sudah penuh sesak dengan asap kendaraan, semoga saja sifatnya bukan sementara saja, harus seterusnya.

  6. arisusanto Mtd
    March 7, 2011 at 10:47 pm

    saya berminat untuk gabung bung, tp lum pny fixie. pengen ngrakit tp lum ad gurunya. mohon bimbingannya bg pemula seperti saya. thanks… :)

    • azizhadi
      March 8, 2011 at 9:13 am

      Sebenarnya saya tidak mempunyai sepeda fixie, namun saya hanya tertarik melihatnya, kalau ingin membuat bisa menghubungi korda dari Komunitas Sepeda Fixie Surabaya yang saya cantumkan diatas :mesem

  7. March 8, 2011 at 11:44 am

    akhir-akhir ini sering lihat fixie di sekitar kampus…… jadi ngiler pengen punya juga…. :cinta

    • azizhadi
      March 10, 2011 at 7:52 am

      Hehehe, semoga lekas punya saja, dan jangan sampai mengesampingkan fungsi utama dari Sepeda, selamat bersepeda..

  8. March 10, 2011 at 6:03 pm

    waah jadi pengen punya sepeda..kayanya sik y apalagi sekarang komunitas sepeda udah tumbuh subur :)
    :cool
    salam kenal..
    wah kirain aziz hadi itu cowok ternyata :malu

    • azizhadi
      March 11, 2011 at 7:43 am

      ia kang ian, hehe, ayo beli sepeda, supaya ada gerakan disetiap kota yang berpotensi polusi untuk bersepeda di Hari Minggu / Weekend

      eh, saya memang cowok kang, hehe :keren :ngantuk

  9. March 10, 2011 at 6:24 pm

    hai halo!
    kunjungan balik :D

    di bandung lagi menjamur nih sepeda fixie.
    keren, cuma harganya ternyata lumayan yah? hihi

    • azizhadi
      March 11, 2011 at 7:41 am

      hihi, iya, harganya lumayan mahal, karena memang sepeda ini dirancang untuk balap, namun ketika sampai di kaum urban, berubah fungsi menjadi sepeda fashion, sehingga mempengaruhi harga dari sepeda dan asesorisnya, yah harapan saya, semoga tidak menghilangkan fungsi sepedanya saja…

      :cool

  10. March 12, 2011 at 8:24 pm

    Modelnya emang lucu! Trendy…
    Kemaren sempet liat pas di JJF. etapi… aku belom niat gowes hehehe

    • azizhadi
      March 15, 2011 at 8:08 am

      Ayo gowes, hehe.. yah sekedarnya saja, tidak perlu fixie juga tidak masalah yang penting kan gowesnya bukan fixienya..

  11. ihsan sultony
    March 15, 2011 at 11:08 am

    wah ane kepengen ikutan gowes juga neh… tp ane newbe di surabaya…alias pendatang baru…hihihi…jadi ane pengen ngerakit fixie ga tau tempatnya karena ga tau jalannnya juga…. :???: :?: :smile:

    • azizhadi
      March 15, 2011 at 1:35 pm

      Kalau posisi di Surabaya bisa menghubungi Korda Fixie Surabaya yaitu Sdr. Icank, seperti yang tertulis diatas, dan sekalian bisa konsultasi masalah sepeda fixie dan bengkel yang recomended..

  12. March 15, 2011 at 6:59 pm

    harga spdanya brap yoooo

    • azizhadi
      March 16, 2011 at 8:13 am

      Kalau masalah harga, macam-macam mas, karena sepeda fixie merupakan sepeda rakitan, jadi harga yang menentukan kita sendiri, kalau mau beli jadi bisa langsung ke polygon store, kalau mau beli yg sepeda rakitan bisa menghubungi korda Surabaya yang saya sebutkan diatas, semoga bermanfaat informasi yang singkat ini, terima kasih.

  13. MithaMch
    March 16, 2011 at 6:15 pm

    wah..
    pngn punya deh..

    nabung dulu ah..
    biar lbh bangga pnya fixie dr duit sendiri..
    hohohoohh..

    :cool

    • azizhadi
      March 17, 2011 at 8:20 am

      Mantap deh, semoga saja bisa lekas membeli fixie dengan duit sendiri, tapi jangan lupa akan fungsi utama dari sepeda ya, salam gowes..

      • andre
        August 16, 2011 at 2:10 pm

        brow klo mau gabung komunitas kamu syaratnya apa aja?nih aku lagi bangun fixie ku,,,nabung2 tpie,,,tinggal rantainya aja,,,,ntar klo gabung boleh kan brow…

  14. adi sebastian
    March 17, 2011 at 4:31 pm

    kl mau gabung bs daftar dmn ya

    • azizhadi
      March 18, 2011 at 9:40 am

      Silahkan saja langsung menghubungi korda Sepeda Fixie Surabaya, kalau mas Adi asli Surabaya, biasanya mereka berkumpul :
      – Hari Rabu, 19.00 WIB – KBS ( Kebun Binatang Surabaya )
      – Hari Jum’at, 19.00 WIB – Glamrock Shop Surabaya
      – Hari Minggu, 06.00 WIB – Di Depan Bank JATIM Taman Bungkul Surabaya

  15. irene
    March 18, 2011 at 12:44 am

    saya org sby nih,tertarik banget ama fixie …
    dan saya baca ada di bratang utuk pak idil, kalau boleh tau bratang mana ya pak?
    makasiiii :ngakak

  16. April 10, 2011 at 10:34 am

    Masbro, ane bukan asli Sby…
    Tapi ane pngen join komunitas fixie di-sby, karena ane menetap smntara disini.

    Kalo mau daftar selain hari2 kopdar diatas gmn y masbro??
    ada pembagian daerahny gk y?
    Domisili ane di bendul merisi :)

    • azizhadi
      April 11, 2011 at 1:08 pm

      Silahkan menghubungi : +6285735535489 – Icank, dia adalah Korda Sepeda Fixie Surabaya di Manukan, kalau untuk di daerah bendul merisi, belum pernah ketemuan.

  17. FAISAL
    April 19, 2011 at 10:27 pm

    icank itu nama qw juga n aqw juga d daerah manukan.hahahahahah
    owh ya kalo maw kumpul ato jadi komunitas BIRDFIXDGEAR gmana ya????
    kalo beli ban sama felg berapa???

    • azizhadi
      April 20, 2011 at 2:45 pm

      bisa langsung menghubungi Sdr. Icank di Nomor telepon yang sudah saya tulis diatas, terima kasih

  18. May 12, 2011 at 7:39 pm

    joss nembak kiwot’e :D

  19. vinn
    May 23, 2011 at 1:31 pm

    hmm..ada yang tau ga komunitas fixie selaen birdfixdgear?

  20. deana
    May 30, 2011 at 9:02 pm

    bedabya fixie beli jadi sama rakit sendiri apa toh??
    enakan yang mana

    • azizhadi
      May 31, 2011 at 8:55 am

      Bedanya adalah,

      Sepeda Fixie yang beli kita tidak bisa mendesain sendiri dan tidak tahu kualitas dari setiap parts,
      Sepeda Fixie merakit sendiri, kita bisa mendesain sendiri kemudian parts yang kita beli pasti tahu kualitas dan harganya.

      semoga mencerahkan,
      regards
      azizhadi

  21. Robby Soeharto
    June 14, 2011 at 11:48 am

    Aq mau adain event sepeda & fotografi ok nih

    “Gowes Magic”

    kalian ada info komunitas2 ga? biar aq bs rundingan sama mereka soal pelaksanaan dan teknis :D

    tq bro

    • azizhadi
      June 14, 2011 at 3:18 pm

      Coba sms/telp ke nomor : +6285735535489 – Icank dia salah satu anggota dari BirdFixedGear (BFD) 8D

  22. ragil andriawan
    June 20, 2011 at 5:51 pm

    mas yang toko pak sadi daerah gelota 10 november,sebelah mnanya ya????
    .kira2 klo ngerakit sendiri biaya smpai brpa?
    trim’s. ;-)

  23. Diaz
    June 24, 2011 at 5:09 pm

    bro maw tanya2 nih… toko fixie lengkap d daerah surabaya d mana y…?? harga 1 set gear torpedo brp n peleknya doank brp…?? tx.

  24. July 15, 2011 at 9:16 am

    :roll: mas gmn klu gabung comunitas spd fixie surabaya

  25. Dion
    July 20, 2011 at 1:47 pm

    Iku foto di Circle K Jl.Rajawali ya?

  26. indri
    July 27, 2011 at 8:30 am

    community fixie sby d’manaa.? :roll:

  27. Setiawan
    August 5, 2011 at 9:03 am

    mas aq mau tny, untuk fixie hrga di bwh 1jt ada ga ya, aq pingin tp modal dikit, 2nd gpp dech,aq di daerah lakar santri.

  28. dede
    August 11, 2011 at 10:25 am

    mas, klu di papua pengirimannya paling cpt brapa hari? car

  29. vio
    August 15, 2011 at 2:46 pm

    maz kalo mau gabung boleh nggak …. ;-)

  30. achmad rungkut
    September 14, 2011 at 3:31 pm

    aq ma anak2 perum ikip gunung anyar mau gabung blh g?ni nmrq 085645663515.tlg sms aq apa aja syaratnya buat gabung

  31. Alfan 'Pisang Selimut'
    September 15, 2011 at 3:56 am

    gan boleh ikut gabung ne.
    anak manukan.
    gimana caranya??
    Tolong bantuannya.

  32. nik doank
    October 28, 2011 at 12:56 pm

    wah.. jadi pengen beli nih ^_^ txs mas infonya..

  33. yunus
    November 16, 2011 at 1:01 pm

    Maaf , mau nawarin SEPEDA FIXIE UNITED SOLOIST 2

    Baru beli tapi ga jadi dipake, masih plastikan ,kinyis-2

    harga 1,8 jt bisa negoo kok.

    hub : 081-330446246

    trims :)

  34. Sandy agustino
    January 31, 2012 at 12:55 am

    gan ;-) gw mau masuk ini komonitas gmn caranya ya ?? pless ksh tau yaa.>> saya berminat nnnihh ..
    no hp gw 083831107111…
    secepatnya ;-)
    thq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *